Desa Wisata Pakse Bali Village

Kesenian dan Budaya
Paksebali

Potensi

Seni dan Budaya

Bali tidak lepas dengan seni dan budayanya. Tanpa adanya seni dan  budaya nama Bali tidak akan bisa dikenal oleh Dunia. Begitu juga halnya dengan Desa Paksebali yang tidak lepas dengan seni dan budaya. Selain  potensi fisik yang ada, potensi seni dan budaya sangat berperan penting  dalam pengembangan Desa Wisata.

Tari

Lente

Tari Lente merupakan tarian sakral yang biasanya ditarikan pada saat  piodalan di Pura Panti Timbrah tepatnya pada saat pahing Piodalan.  Tarian ini ditarikan oleh para remaja putri penduduk setempat. 

Tradisi

Lukat Gni

Lukat Gni merupakan salah satu tradisi yang ada di Desa Paksebali  yaitu Puri Satria Kawan, dimana sarananya menggunakan api. Tradisi ini  biasa dilakukan oleh para pemuda dan penglingsir Puri. Lukat Gni  dilakukan setahun sekali tepatnya pada malam Pengrupukan Tilem Sasih  Kesanga. Tujuan dari dilakukannya Lukat Gni ini adalah untuk  menetralisir unsur negatif pada diri. 

Tradisi

Dewa Mesraman

Dewa Mesraman juga termasuk salah satu tardisi unik yang ada di Paksebali tepatnya di Pura Panti Timbrah yang biasanya dilakukan setiap
6 bulan sekali yaitu saat Hari Raya Kuningan.

Tradisi

Ngelawang

Ngelawang merupakan suatu tradisi yang ada di Desa Paksebali yang menggunakan sarana Barong Bangkung dan Rangda. Ngelawang dilakukan pada saat penyambutan hari Raya Galungan dan Kuningan. Ngelawang biasa dilakukan oleh kalangan anak anak dan remaja.

Desa Wisata Pakse Bali Village

Desa Paksebali

KECAMATAN DAWAN, KABUPATEN KLUNGKUNG, PROVINSI BALI Alamat : Jln Kesehatan Tlpn. ( 0366 ) 23359