Desa Wisata Pakse Bali Village

Tentang
Paksebali

Tentang

Latar Belakang

Bali terkenal akan kebudayaannya. Bagaimana tidak, di setiap daerah  maupun Desa yang ada di Pulau Bali ini masih melestarikan Seni dan Budaya yang  kental sampai sekarang ini. Warisan Leluhur berupa Seni dan Budaya sangat  menunjang daya tarik Wisatawan terhadap Pulau Bali. Seperti halnya Desa  Paksebali yang kini namanya sudah dikenal di Manca Negara. Desa Paksebali telah  ditetapkan sebagai Desa Wisata sesuai Peraturan Bupati No 2 Tahun 2017 pada tanggal 19 Januari 2017. 

Desa Paksebali merupakan satu dari 12 Desa di Kecamatan Dawan yang terletak di  sebelah timur Kota Semarapura yang berjarak 1 Km dari pusat kota Semarapura.  Desa Paksebali juga salah satu Desa yang termasuk pendukung peraih Adi Pura,  yang terdiri dari 5 Banjar Dinas yaitu : Banjar Dinas Kanginan, Banjar Dinas  Kawan, Banjar Dinas Peninjoan, Banjar Dinas Timbrah, Banjar Dinas Bucu. 

Dalam sejarah Paksebali, tidak lepas kaitannya dengan Desa Subali sangat penting artinya dalam  mempertahankan Kerajaan Klungkung, maka diperlukanlah orang-orang yang setia  baik dalam kata maupun tindakan untuk membantu Kerajaan Klungkung. Maka berubahlah sebutan Desa Subali menjadi  Desa Paksebali. Paksebali terdiri dari dua suku kata yaitu Pakse dan Bali. Pakse  artinya Pendapat, Bali artinya Utama. Jadi Paksebali artinya Pendapat yang utama.  Memang demikianlah keadaannya, bahwa sangat diperlukan pendapat-pendapat  yang konsekwen dan utama dalam mempertahankan daerah/Desa Paksebali yang  merupakan pintu masuk ke Kerajaan Klungkung, disamping pendapat-pendapat  utama dalam membela keadilan dan kebenaran.

Sejarah singkat

Paksebali

Peta Wilayah

Paksebali

Desa Wisata Pakse Bali Village

Desa Paksebali

KECAMATAN DAWAN, KABUPATEN KLUNGKUNG, PROVINSI BALI Alamat : Jln Kesehatan Tlpn. ( 0366 ) 23359